gg
Detail Artikel
Home / Artikel / Detail Artikel
Umrah dibuka kembali ? akan ada kenaikan biaya

Yassinta Haji Umrah, Jakarta. Dikutip dari kemenag.go.id, Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag mulai membahas rencana penyelenggaraan ibadah Umrah 1442H.

Pembahasan mencakup identifikasi permasalahan serta langkah-langkah yang harus dipersiapkan dalam penyelenggaraan Umrah 1442H. Rapat daring yang diselenggarakan kemenag diikuti oleh beberapa Asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) / Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) seperti Amphuri, Kesthuri, Himpuh dan Sapuhi.

"sampai saat ini belum ada informasi resmi dari Saudi tentang penyelenggaraan ibadah Umrah 1442H. Namun, kami merasa perlu mempersiapkan mitigasi terkait potensi permasalahan dan persiapan penyelenggaraan Umrah" kata Arfi Hatim, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus

Rapat juga membahas kemungkinan adanya penambahan biaya perjalanan ibadah Umrah bagi Jamaah. Hal itu karena adanya kenaikan pajak di Arab Saudi, termasuk kebijakan penerapan protokol kesehatan, baik saat keberangkatan dari Tanah Air maupun saat di Tanah Suci.

Arfi menambahkan, rapat persiapan penyelenggaraan Umrah akan digelar berkelanjutan. Ke depan, akan dilakukan pertemuan dan diskusi lebih mendalam guna membahas skenario mitigasi terkait penanganan permasalahan penyelenggaraan Umrah pasca pandemi.