gg
Detail Artikel
Home / Artikel / Detail Artikel
Kedatangan Rombongan Pertama Jamaah Umrah Indonesia

Yassinta Haji Umrah, Jakarta. Sesuai Jadwal dari pihak Kerajaan Saudi yaitu Kementerian Haji dan Umrah Saudi bahwa pada tanggal 01 November 2020 akan dilaksanakan tahap ke3 yaitu dibukanya aktivitas umrah untuk Jamaah International atau Jamaah dari laur Arab Saudi. Indonesia menjadi salah satu negara yang dipilih oleh Kementerian Haji dan Umrah Saudi untuk mengirimkan jamaahnya pada tahap ini berdampingan dengan Negara Paskitan yang juga diizinkan. Walaupun di izinkan tetapi banyak syarat dan ketentuan yang harus dilaksanakan sesuai protokol kesehatan.

Pada rombongan pertama diikuti oleh 224 orang, mayoritas owner travel yang akan memeriksa dan melihat langsung kondisi umrah di masa pandemi berikut regulasi dan tantangannya. Rombongan terbang dari bandara Soekarno Hatta yang dilepas oleh Dirbina Haji Umrah Kemenag Bapak H. Arfi Hatim, pejabat Kemenag beserta Kemenkes, BNPB dan Dubes Arab Saudi untuk Indonesia. Protokol Kesehatan diberlakukan juga ketika berada di dalam pesawat, dimana pesawat tidak terisi penuh dan diberlakukan pengawasan ketat seperti dilarang melepas masker selama perjalanan. Ketika didalam pesawat, setiap jamaah diwajibkan mengisi 2 formulir pernyataan kesehatan yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan dan BNPB Saudi.

Setibanya di bandara King Abdul Aziz Jeddah, setiap jamaah dilakukan pemeriksaan dokumen kesehatan, dokumen PCR dan cek suhu tubuh. Setelah itu rombongan disambut oleh Konjen RI Jeddah, Eko Hartono, didampingi Konsul Haji KJRI Jeddah dan petugas lainnya. Kemudian diarahkan ke bis untuk menuju hotel karantina di Makkah.

Di depan pintu hotel, rombongan disambut oleh pimpinan hotel dan staf dengan bunga, welcome drink serta kue berlambang Indonesia.

Jamaah akan menjalankan masa karantina 3 hari di hotel sebelum melaksanakan ibadah umrah.


Courtesy : saudinesia