gg
Detail Artikel
Home / Artikel / Detail Artikel
Sistem Pendingin Masjidil Haram Dapat Mengurangi Virus

Yassinta Haji Umrah, Jakarta. Dilansir dari alwatan.com.sa bahwa kepala perancang proyek 2 Masjid Suci membenarkan sistem pendingin udara di Masjidilharam Mekah dirancang dengan cara yang berbeda dari pendingin udara biasa, bahwa udara yang dikeluarkan adalah 100% bersih. Masjidilharam dirancang agar dapat membatasi penyebaran virus melalui sistem pendingin udaranya yang menggunakan 100% udara segar, artinya udara dingin tidak dipompa kembali kedalam.

Masjidilharam disuplai dengan total kapasitas pendinginan 159ribu ton atau setara dengan 15 ribu apartemen berukuran sedang. Disuplai melalui 2 statiun pendingin dimana lokasinya terpisah namun teknologi pendinginnya bekerja secara terintegrasi.

Statiun pertama berjarak 900 meter dari Masjidilharam. Statiun ini adalah pabrik pendingin terbesar kedua di dunia, dengan total kapasitas pendinginan 120.000 ton atau setara dengan pendingin 12.000 apartemen berukuran sedang. Didalam statiun ini berisi 24 pendingin terbesar di dunia dan beroperasi menggunakan menara pendingin untuk pengusiran panas. Tehnik, karakteristik dan teknologinya telah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan AC dan pendingin di Masjidilharam serta para peziarah.

Sedangkan untuk statiun kedua berada di kawasan Ajyad berlokasi 500 meter dari Masjidilharam, dengan kapasitas pendinginan 39 ribu ton atau setara dengan rata-rata pendinginan 3 ribu apartemen. Pabrik pendingin Ajyad mencakup 3 pendingin dengan kapasitas masing-masing 9.000 tenaga kuda dan 4 pendingin dengan kompresor udara sekrup kecepatan variabel. serta 56 pendingin dengan kompresor udara bolak-balik yang semuanya bekerja dengan menggunakan radiator untuk pengusiran panas.

Dengan penjelasan diatas membuktikan bahwa Arab Saudi sangat peduli dengan kebutuhan dan kenyaman para penduduknya serta para peziarah yang datang. Pemerintah Arab Saudi akan terus melakukan yang terbaik terutama dengan kondisi pandemi Covid19 yang terjadi saat ini.