gg
Detail Artikel
Home / Artikel / Detail Artikel
Vaksin Covid Menjadi Prasyarat Partisipasi Haji 1442H

Yassinta Haji Umrah, Jakarta. Dilansir dari tvhaji. net . Menteri Kesehatan Arab Saudi Tawfiq Al-Rabiah mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa menerima vaksin virus corona/covid19 akan menjadi prasyarat bagi para peziarah. Al-Rabiah mengatakan pihak berwenang harus mempersiapkan tenaga yang sesuai di sektor kesehatan di Mekah maupun Madinah menjelang ibadah Haji 1442H/2021M. "jadikan vaksin virus corona sebagai prasyarat bagi mereka yang hendak menunaikan ibadah haji" kata Al-Rabiah.

Dalam sumber lain yaitu emaratalyoum.com juga menginformasikan, Al-Rabiah mengatakan dalam sebuah surat edaran, "anda harus mempersiapkan lebih awal untuk mengamankan tenaga yang dibutuhkan untuk mengoperasikan fasilitas kesehatan di Mekah Al-Mukarramah, tempat suci, Madinah maupun titik masuk jamaah untuk musim haji untuk tahun berjalan dan pembentukan panitia vaksinasi corona bagi peserta musim haji dan umrah, dan oleh karena itu mereka wajib divaksin corona bagi yang ingin berpartisipasi karena ini merupakan salah satu prasyarat untuk mengikuti musim haji".

Menteri Kesehatan Saudi tidak mengungkapkan apakah jamaah haji yang datang dari luar kerajaan atau jamaah di dalam kerajaan akan diminta untuk divaksin di negara mereka atau di kerajaan, atau apakah haji tahun ini akan dibatasi untuk jamaah haji domestik semua seperti yang terjadi tahun lalu.