gg
Detail Artikel
Home / Artikel / Detail Artikel
Covid 19, Kemenag minta sementara PPIU tidak membuka pendaftaran Umrah

Yassinta Haji Umrah, Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) meminta Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) menutup sementara pendaftaran jamaah baru. Imbauan penghentian sementara pendaftaran umrah juga disampaikan Arfi Hatim, Direktur Bina Umrah dan Haji khusus Kemenag.

Menurut Arfi, bila pendaftaran tetap dibuka jamaah tidak akan bisa langsung berangkat. Sebab, PPIU akan mendahulukan jamaah yang saat ini sudah terdaftar, namun tertunda keberangkatannya.

Selain itu, Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sumatera Selatan mengimbau PPIU untuk sementara tidak menerima pendaftaran jamaah untuk menunaikan ibadah Umrah sebelum adanya kepastian perjalanan ke Arab Saudi. Imbauan itu untuk menghindari potensi kerugian yang dialami jamaah dan PPIU akibat ketidakpastian keberangkatan ke Arab Saudi.

Sementara, Kemenag menutup layanan pendaftaran Umrah melalui aplikasi Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus (Siskopatuh) menyusul kebijakan Arab Saudi terkait pandemi Covid19. Kemenag telah menerbitkan surat pemberitahuan yang ditujukan kepada PPIU, bank penerima setoran biaya penyelenggara Ibadah Umrah dan perusahaan asuransi perjalanan ibadah Umrah.