gg
Detail Artikel
Home / Artikel / Detail Artikel
Saudi akan membuka penerbangan International

Republika.id, Jakarta - terkait rencana dibukanya umrah, Konsulat Jenderal RI Jeddah, Eko Hartono, menyebut pihaknya belum mendapat informasi resmi. Namun, Kerajaan Saudi memang berencana membuka penerbangan International mulai 16 September mendatang.

"Rencananya, mulai 16 September, Pemerintah Saudi akan membolehkan warga negara asing untuk berkunjung. Berarti umrah sudah boleh mulai tanggal tersebut. Izin berkunjung untuk semua negara," ujar Konjen Eko saat dihubungi Republika, Selasa (4/8).

Sementara itu, Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali, mengatakan pihaknya terus memantau kebijakan Arab Saudi terkait kemungkinan dibukanya umrah. Ia juga sudah menghubungi pihak Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi untuk membahas hal tersebut.

"Saya kemarin sudah kontak dengan bagian teknis di Kemeterian Haji Arab Saudi, membicarakan kemungkinan rapat membahas pelaksanaan umrah pasca Haji 1441 H," kata Endang.

Endang lantas menyebut, musim umrah kemungkinan dibuka kembali melihat jumlah kasus Covid19 di Saudi yang terus menurun. Data per 25 Juli 2020, misalnya, ada 2.200 kasus perhari. Sementara, data pada 2 Agustus lalu menunjukkan penurunan terus-menerus hingga 1.357 kasus perhari.

Jika tren penularan Covid19 terus menurun, tidak tertutup kemungkinan penerbangan International akan kembali dibuka, termasuk untuk jamaah umrah. "Suksenya penyelenggaraan haji dengan penerapan protokol kesehatan akan menjadi role model penyelenggaraan umrah. Saya yakin jika umrah dibuka, protokol kesehatan akan diterapkan secara ketat," ujar dia.